Selasa, 31 Mei 2011

Belajar Kewirausahaan

Ehmm, salah satu mata kuliah yang menyenangkan bagi saya, karena dari kuliah inilah saya lebih berani untuk belajar berwirausaha walaupun masih kecil-kecilan. Beberapa hal yang saya pelajari selama kuliah ini berlangsung.

Ciri-ciri seorang Entrepreneur:
  1.  Mempunyai hasrat untuk selalu bertanggung jawab bisnis dan sosial.
  2. Komitmen terhadap tugas
  3. Memilih resiko yang moderat
  4. Merahasiakan kemampuan untuk sukses
  5. Cepat melihat peluang
  6. Orientasi ke masa depan
  7. Selalu melihat kembali prestasi masa lalu
  8. Sikap haus terhadap "Money"
  9. Skill dalam organisasi
  10. Toleransi terhadap ambisi
  11. Fleksibilitas tinggi
Perlu diketahui ada beberapa penyebab suatu usaha mengalami kegagalan, diantaranya:
  1. Struktur modal yang tidak memadai
  2. Penggunaan metode dan peralatan yang sudah usang
  3. Tidak adanya perencanaan jangka panjang
  4. Kecakapan pribadi
Kegagalan tersebut dapat ditangani dengan beberapa hal sebagai berikut:
  1. Mengurangi biaya operasi
  2. Meningkatkan penjualan
  3. Meninjau kembali kerugian kredit
  4. Mengindari resiko
  5. Memeriksa kembali persediaan
Kemudian dosen saya yaitu Bapak Djadja Sardjana memeberikan tugas untuk berjualan dan mempresentasikannya dalam bentuk sebuah drama. Saya dan teman-teman mulai berpikir usaha apa yang akan kita buat untuk berjualan. Akhirnya kami memutuskan untuk membuat puding dan kue. D' RANK adalah sebuah brand yang saya dan teman-teman buat saat berwirausaha. D' RANK itu sendiri kami ambil dari nama masing-masing anggota kelompok. Usaha yang kami ambil ini berupa puding yang kami beri nama "PUDING MERDEKA" karena puding tersebut kami buat dengan warna merah dan putih dan kue nya sendiri kami beri nama "KUE IMUT" karena bentuknya yang kecil dan imut.
ini beberapa foto puding dan kue yang kami buat
Dan ini adalah puding HIJAU.

Saya senang belajar kewirausahaan, karena saya bisa mendapatkan uang lebih dengan usaha saya sendiri, menambah pengalaman, dan merasakan bagaimana menjadi seorang wirausahawan walaupun masih tahap pembelajaran. Saya ucapkan terimakasih kepada Bapak Djadja Sardjana selaku dosen pembimbiing Kewirausahaan yang telah membagi ilmunya kepada saya dan teman-teman bagaimana menjadi seorang wiraswasta. BERWIRAUSAHA ITU ASYIK!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar